Tips Supaya Anak Rajin Sholat di Masjid

Tips Supaya Anak Rajin Sholat di Masjid

Tips Supaya Anak Rajin Sholat di Masjid – Shalat merupakan ibadah yang wajib kita kerjakan dalam kondisi apapun, kecuali karena memang ada udzur syar’i yang memang dibolehkan untuk tidak mengerjakan shalat. Jadi, walaupun kita sakit, dalam perjalanan ataupun kondisi perang kita tetap harus melaksanakan shalat.

Kenapa begitu? Karena shalat merupakan tiang agama, dan shalat ialah pembeda antara orang muslim dan orang kafir, shalat juga merupakan ibadah yang pertama kali akan dihisab di akhirat kelar, shalat juga dapat mencegah seseorang dari melakukan perbuatan keji dan munkar.

Nah, disini yang menjadi masalahnya adalah, bagaimana cara kita mendidik anak agar rajin shalat di masjid? bersama kita ketahui bahwa anak laki-laki wajib untuk shalat berjamaah di masjid, beda dengan anak perempuan yang shalat dirumahnya adalah lebih baik daripada shalat di masjid nabawi. Berikut akan kami berikan ulasannya dibawah ini agar anak anda rajin shalat di masjid.

Tips Supaya Anak Rajin Sholat di Masjid

Ada beberapa tips yang ayah atau bunda bisa terapkan untuk anak kesayangannya nih, beberapa tips ini dapat menjadi refrensi ayah bunda untuk mendidik anak agar bisa selalu shalat di Masjid dan berjamaah. apa aja? simak terus ulasannya dibawah ini yang bisa diterapkan untuk anak-anak.

  • Memberikan contoh dan teladan kepada anak

Pertama yang kita harus terapkan kepada anak yaitu mencontoh dan memberikan teladan yang baik untuk anak, dimulai dari orang tua terlebih dahulu, jika ingin mendapatkan anak yang ingin rajin pergi ke masjid, kita sebagai ayah perlu mengajak anak kita untuk membiasakan diri untuk selalu pergi ke masjid. Dengan begitu, si anak akan terbiasa dan selalu ingin shalat di masjid.

  • Memberikan nasihat dengan kasih sayang

Berikutnya adalah memberikan nasihat dengna cinta dan kasih sayang. Setelah kita berikan contoh dan teladan yang baik untuk anak, jangan lupa kita juga perlu memberikan nasihat dan arahan yang baik ketika anak kita lupa mendirikan shalat, atau shalatnya belum benar, atau habis shalat lupa untuk berdzikir dan sebagainya. Nasihat ini penting untuk membangun karakter anak dan menjadikan anak terbiasa untuk melakukan ibadah yang nantinya bisa menjadi bekal kita di akhirat. Nasihat ini sebaiknya dengan kasih sayang dan penuh cinta, bukan dengan kekerasan dan bentakkan, karena nasihat penuh kasih sayang lebih mudah diterima oleh anak-anak yang usianya masih sangat dini.

  • Memberikan latihan pembiasaan

Ada salah satu pepatah yang mengatakan bahwa bisa itu karena biasa. Ketika kita sudah memberikan contoh dan teladan dan juga nasihat, kita juga perlu menjadikan hal itu sebagai kebiasaan, kita perlu menerapkan kebiasaan tersebut di kehidupan sehari-hari, karena jika sudah menjadi kebiasaan untuk shalat dimasjid dan tepat waktu, tentunya si anak akan merasa gelisah ketika meninggalkan shalat atau tidak shalat di masjid, itulah hal yang pasti kita inginkan agar mendapatkan anak yang rajin ke masjid.

  • Memberikan hukuman yang mendidik

Berikutnya adalah, memberikan hukuman yang mendidik, pastinya dikala kita sedang mendidik anak, tentunya ada beberapa kebiasaan anak yang mungkin merepotkan, seperti lupa, malas, masih senang bermain dan sebagainya. Tentunya dengan memberikan sedikit hukuman yang mendidik merupakan solusi terbaik untuk membiasakan anak agar senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan shalat dimasjid, bisa juga Anda menjelaskan mengenai hukuman yang nantinya akan didapatkan di akhirat ketika kita meninggalkan shalat sebagai suatu pembelajaran untuk si anak agar tidak berani untuk meninggalkan shalat.

Nah, dengan ayah bunda mengikuti beberapa tips diatas, mudah-mudahan ayah bunda bisa mendapatkan anak yang senantiasa shalat di masjid. Karena kita ketahui bersama, pahala orang yang shalat berjamaah dan shalat dimasjid tentunya memiliki ganjaran yang besar dari ALLAH subhanahu wata’ala. Untuk itu, kita perlu mendidik anak kita agar senantiasa shalat dimasjid dan kita bisa mendapatkan investasi akhirat dengan mendidik anak-anak kita menjadi anak yang shalih/shalihah.

Leave a Reply

×
×

Cart