Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern

Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern dari madani memang sangat berguna dan menjadi salah satu organisasi yang kompleks mengingat berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh masjid seperti kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diksusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an, penyaluran santunan social seperti zakat, wakaf dan lainnya

Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan ModernDalam sejarah islam, masjid selain turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan dan aktivitas pendidikan juga berperan sebagai pusat penerangan dan tempat pembelajaran yang baik untuk anak anda. Mulai dari usia dini sebaiknya diajarkan untuk mendapatkan pembelajaran dari masjid, seperti TPA, sampai dengan dilingkungan sekolah seperti di madrasah.

Begitu kompleksnya fungsi dari sebuah masjid, pentingnya pembentukan sebuah Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern yang menjalankan dan mengatur setiap kegiatan yang ada di masjid dengan baik. Karena berbagai perwujudan pemerintah yang baik terlaksana didalam masjid, baik yang ada pada pribadi pemimpin pemerintahan tersebut seperti menjadi imam/khatib maupun didalam ruangan masjid yang dapat dijadikan tempat kegiatan seperti pemerintahan dan syura atau musyawarah.

Layaknya sebuah organisasi pada umumnya, masjid juga memiliki struktur organisasi adalah suatu bagan yang bertujuan untuk membagi tugas dalam berbagai pusat kegiatan untuk mencapai tujuan yang sudah dirumuskan dalam organisasi. Dalam Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern yang menggambarkan fungsi masing-masing bagian atau batas wewenang yang dimilikinya, tanggung jawab yang harus dipikulnya, hubungannya dengan bagian lain.

Baca juga : Jual Karpet masjid Meteran Berkualitas

Bagian Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern

  1. KetuaStruktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern
  2. Sekretaris
  3. Bendahara
  4. Bidang Idarah
  5. Bidang Imarah
  6. Bidang Ri’ayah

Masing-masing bidang dalam struktur organisasi tersebut dapat dilaksanakan dan diberikan tanggung jawab kepada seorang pengurus sesuai dengan bidangnya masing-masing. Semua personalia kepengurusan yang ada di dalam Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern sebaiknya mengikut sertakan unsur-unsur jamaah masjid seperti remaja atau pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitarnya.

Baca juga : Jual Karpet Masjid Di Jakarta

Dapat disederhanakan atau dikembangkan sesuai dengan program dan tujuan dari sebuah masjid yang mungkin berbeda antara masjid yang satu dengan masjid yang lain. Hal ini bergantung pada mekanisme kerja organisasi masjid tersebut.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan seputar struktur organisasi yang ada di masjid seperti fungsi dan bagian-bagian yang ada didalamnya semua terdapat pada Struktur Organisasi Masjid yang Ideal dan Modern

Leave a Reply