Keutamaan memakmurkan masjid

Keutamaan memakmurkan masjid

Seluruhnya masa yang dipunyai oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam berserta dengan apra sahabatnya dihabiskan di 2 tempat ialah ajakan ataupun jihad serta masjid. Oleh sebab itu kala kita membaca kitab- kitab hadits hendak mengalami demikian banyak hadits yang menggambarkan peristiwa ataupun insiden yang terdapat di 2 tempat itu ialah ajang jihad ataupun dakwah maupun masjid.

Dari mari kita mengenali kalau memajukan langgar telah jadi kerutinan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam serta para sahabat. Wajib kita tahu pula kalau memajukan masjid mempunyai keistimewaan yang besar karena merupakan keutamaan seorang mukmin.

Sebuah masjid adalah suatu tempat bersih yang tidak asing lagi perannya untuk pemeluk Islam. masjid sejak dulu sebenarnya tidak hanya bagaikan pusat ibadah pemeluk Islam, akan tetapi bagi masyarakat sekelilingnya pun sangat dirasakan manfaatnya. Kabar gembiranya adalah sekarang kalangan muslimin juga sudah merasa memiliki kesadaran untuk berkontribusi membangun masjid dan memakmurkannya di daerah mereka masing-masing.

Nyaris tidak ditemukan lagi sesuatu wilayah yang mayoritasnya kalangan muslimin tapi tidak memiliki masjid Apalagi diberbagai tempat kita juga bisa melihat banyak renovasi masjid yang terus menjadi diperlebar serta diperindah dan dilengkapi dengan bermacam sarana, supaya bisa menarik serta membuat nyaman para jamaah.

Salah satu tujuan dari dibangunnya masjid atau langgar adalah untuk mempermudah warga sekitar yang beragama muslim untuk bisa shalat berjam’ ah di dalamnya. Sehingga sangat disayangkan, apabila kita melawat situasi masjid- masjid yang terdapat nampak shaf( barisan) ma’ mum masih tampak kosong / sedikit jamaahnya

Selain masalah pembangunnan, ada yang tak kalah penting yaitu menjaga dan memakmurkannya, sebuah masjid butuh dibina serta dibesarkan supaya senantiasa berperan bagaikan tempat buat tempat berdoa, mengedarkan ajakan serta pembelajaran. Buat memajukan langgar begitu juga yang dikehendaki mestinya, dibutuhkan dedikasi yang amat besar, bagus dedikasi harta, daya, durasi, serta ketrampilan seorang untuk buat memakmurkan rumah Allah ini.

Untuk pengelolaan pun sudah seharusnya tidak kaku sebatas ritual saja, karena dijaman Rasulullah masjid juga menjadi pusat kegiatan pendidikan bahkan ekonomi sehingga manfaatnya lebih dirasa lagi untuk ummat yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu, perhatian kita pada masjid wajib senantiasa kita tingkatkan dari masa ke masa agar senantiasa terjaga kemuliaannya

Leave a Reply

Open chat
1
Assalamualaykum
Assalamualaykum, ada yang bisa kami bantu?
Powered by