Cara memakmurkan masjid di era sekarang

Cara memakmurkan masjid di era sekarang

Kita adalah ummat yang bisa dikatakan beruntung hidup di masa sekarang dimana telah banyak kita jumpai masjid-masjid besar dengan bangunan yang juga sangat megah. Bukan hanya di pusat kota, bahkan di dalam perumahan pun sekarang tidak sulit mencari masjid yang bagus dan nyaman untuk kita beribadah.  Kita pastinya pun tidak asing lagi dengan adanya masjid masjid besar dengan fasilitas lengkap, AC yang dingin sajadah masjid yang tebal yang sudah pasti membutuhkan biaya besar untuk membuatnya sedemikian nyaman. Tapi apakah itu saja cukup? tentu saja tidak, kita harus memikirkan bagaimana caranya agar masjid yang dibuat dengan dana ummat ini bisa lebih maksimal, bisa ramai digunakan setiap waktu shalat minimal.

Tips dan cara memakmurkan masjid di era sekarang yang dapat anda coba

Jika anda adalah DKM atau kebetulan jamaah yang merasa peduli tentang pentingnya memakmurkan masjid, itu adalah kepedulian yang sangat tinggi. Ditengah masyarakat yang sibuk dan hiruk pikuknya dunia masih sempat memikirkan bagaimana kemakmuran masjid terjaga dengan baik. Memperhatikan kebutuhan masjid memang bagus, tapi memikirkan bagaimana cara memakmurkan masjid tentu lebih bagus lagi.

Baca juga : Cara mengatasi anak anak yang ribut di masjid

Semangat membangun masjid yang indah sudah seharusnya mulai dibarengi semangat untuk memakmurkannya, menjaganya dan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan ummat. Bukan hanya sekedar menjadi tempat ritual beribadah saja.

Syekh Muhammad Ali As-Shabuni dalam Rawai’ul Bayan: Tafsir Ayatul Ahkam menerangkan ada dua cara memakmurkan masjid. Ia  mengatakan:

ذهب بعض العلماء إلى أن المراد بعمارة المساجد هو بناءها وتشييدها وترميم ما تهدم منها….وقال بعضهم: المراد عمارتها بالصلاة والعبادة وأنواع القربات

Artinya, “Sebagian ulama berpendapat bahwa memakmurkan masjid adalah dengan cara membangun, memperkuat, dan memperbaiki bangunan yang rusak. Sementara pandangan lain mengatakan, yang dimaksud memakmurkan masjid ialah mengerjakan shalat dan segala bentuk ibadah di masjid.”

Baca juga : Cara membuat rekening pembangunan masjid

dari keterangan diatas memang ada sedikit perbedaan dan maksud bagaimana dan seperti apa yang di maksud dengan memakmurkan masjid, bisa dengan infrastukturnya diperbaiki atau bisa juga dengan mulai memperbanyak kegiatan didalam masjid.  Misalnya saja dengan mengadakan taman baca al-quran, membuat koperasi masjid untuk warga sekitar, atau dengan lebih sering lagi mengadakan acara pengajian dan mengundang ustadz untuk ceramah secara berkala dan tentunya dengan melibatkan anak muda sekitar masjid.

Baca juga : Jual Karpet Masjid Di Jakarta

Selain itu anda juga bisa mengadakan acara-acara keagamaan dimasjid, dengan acara ini akan menarik orang untuk datang dan menjadi terbiasa dengan masjid mereka. Beberapa masjid bahkan mulai memberikan layanan kesehatan gratis, dengan uang donasi dari masyarakat tentunya. Dengan banyaknya kegiatan, masjid akan ramai dan masyarakat semakin cinta dengan masjid mereka.

Leave a Reply

×
×

Cart