Bagaimana mengatasi keributan anak di masjid

Masjid yang ramai adalah salahsatu tanda bahwa masjid itu makmur dan memiliki banyak jamaah, bagi jamaah yang hadir maupun DKM tentu merasa senang jika masjid ramai terutama pada saat pelaksanaan shalat wajib berjamaah. Masjid yang ramai dapat membawa pengaruh yang baik dan positif bagi lingkungan tersebut, karena otomatis kegiatan akan menjadi lebih religius dan jika ingin mengadakan acara tidak susah karena memiliki jamaah yang cukup.

Tapi bagaimanapun ada efek lain jika masjid ramai, misalnya anak anak yang hadir pun semakin banyak karena bisa jadi di ajak oleh orangtua mereka yang memang sedang ingin memperkenalkan ibadah kepada anak-anak mereka. Dengan banyaknya anak anak tentu menimbulkan masalah lain, misalnya keributan yang tidak pada tempatnya. Misalnya saja anak-anak seringkali berlarian dan berteriak, bahkan beberapa anak berguling-guling di karpet masjid padahal shalat jamaah sedang berlangsung.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Di Jakarta

Meski memang bisa dipastikan niatan mengajak anak-anak berjamaah ke masjid adalah niatan tulus, untuk membiasakan mereka dalam ketaatan dan menghadiri sholat jamaah, mulai sejak kecil, karena sesungguhnya pemandangan-pemandangan yang mereka lihat dan dengar saat di masjid mulai dari dzikir hingga bacaan surat-surat yang akhirnya akan memupuk keimanan mereka sejak dini. Hal ini sesuai deengan Ilmu psikologi modern, menguatkan kenyataan bahwa anak kecil itu bisa dipengaruhi oleh apa yang didengar dan dilihatnya dan akan terbawa hingga mereka besar nantinya.

Bagaimana mengatasi keributan anak di masjid

Jika keributan anak di masjid masih dalam tahap wajar, sebaiknya jangan terlalu keras menegurnya tapi terkadang ada saja bila ada diantara mereka yang bermain dan berlari-lari di masjid, maka wajib bagi bapaknya atau walinya untuk segera mengambil tindakan (menghukumnya) dan mendidiknya anaknya atau bisa juga petugas masjid memberi teguran halus kepada anak anak agar tidak sampai mengganggu berlangsungnya ibadah.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Di Bekasi

Dari sisi orangtua sebaiknya juga bijak ketika akan mengajak anak, agar mengatasi keributan anak di masjid ini sudah selesai dirumah sebelum berangkat. Berikan nasehat dan ajari anak anak, bagaimana adab di rumah ibadah memang bukan hal yang sulit tapi jika di ulang terus menerus anak akan paham.

Yang perlu di ingat ketika mengatasi keributan anak di masjid jangan sampai niatan baik kita mendidik, justru membuat anak anak trauma dan malas untuk datang ke masjid lagi.

 

Leave a Reply

Open chat
1
Assalamualaykum
Assalamualaykum, ada yang bisa kami bantu?
Powered by